PENGARUH PEMBERIAN EDUKASI PENDIDIKAN KESEHATAN ANEMIA TERHADAP PENGETAHUAN REMAJA PUTRI DI SMK PUSPONEGORO BREBES TAHUN 2022

Dela Melia Inggriani, Slipi Slipi

Abstract


Anemia adalah suatu kondisi tubuh dimana kadar hemoglobin (Hb) dalam darah lebih rendah dari normal. Hemoglobin adalah salah satu komponen dalam sel darah merah/eritrosit yang berfungsi untuk mengikat oksigen dan menghantarkannya ke seluruh sel jaringan tubuh. Hasil penelitian berdasarkan pengetahuan responden tentang anemia di SMK Pusponegoro ada 3 katagori yaitu pengetahuan baik , cukup dan kurang baik. Jika jumlah benar ≥ 76% dikelompokkan pengetahuan baik, jika jawaban benar 56-76% dikelompokkan pengetahuan cukup dan jika jawaban benar <56% dikelompokkan pengetahuan kurang baik. Untuk melihat katagori gambaran sikap responden di SMK Pusponegoro terdapat 2 kategori yaitu positif jika scor jawaban ≥ mean/median dan negatif jika scor jawaban < mean /median. Jenis data yang diteliti adalah data kuantitatif dan sumber datanya adalah data primer karena data yang diperoleh dari hasil wawancara dengan menggunakan kuesioner atau berupa uraian/ penjelasan mengenai variabel yang diteliti. Dari hasil penelitian dan pembahasan pada remaja tentang kebutuhan tablet besi pada penceghan anemia di SMK Pusponegoro tahun 2022 dapat disimpulkan bahwa Mayoritas responden memiliki pengetahuan cukup (74,2%) dan minoritas memiliki pengetahuan baik (9,6%). Mayoritas responden memiliki sikap positif (61,3%), dan minoritas responden memiliki sikap negatif (38,7%).

Keywords


Pengetahuan;Anemia;Remaja

References


Adriani, Merryana dan Bambang Wirjatmadi.2016. Pengantar Gizi Masyarakat. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Akib, A., & Sumarmi, S. (2017). Kebiasaan makan remaja putri yang berhubungan dengan kejadian anemia : kajian positive deviance food consumption habits of female adolescents related to anemia: a positive deviance approach. Amerta Nutr, 1(2), 23–33.

Almatsier, S. 2009. Prinsip Dasar Ilmu Gizi. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama. Amarnath M, N Lakshmanrao.2013. Anemia among Adolescent Girls in Tribal Area of Visakhapatnam District in Andhra Pradesh. Indian Journal of Public Health Research & Development.4(2)

Arisman, M. 2009. Buku Ajar Ilmu Gizi dalam Daur Kehidupan. Jakarta: EGC.

Briawan, D. (2014). Anemia. Masalah Gizi Pada Remaja Wanita. Jakarta: EGC.

Choiriyah W E, Bejo R, Anisa C W.2015.Hubungan Tingkat Asupan Protein, Zat Besi dan Vitamin C dengan kejadian anemia pada remaja putri SMA Negeri 1 Polokarto Kabupaten Sukoharjo.Artikel Penelitan

Cutler GJ, Flood A, Hannan P, Neumark-Sztainer D.2011. Multiple 52 sociodemographic and socioenvironmental characteristics are correlated with major patterns of dietary intake in adolescents. Journal of the American Dietetic Association. 111(2):230-40.

Depkes RI. 2008. Pedoman Pengelolaan Promosi Kesehatan dalam Pencapaian Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Departemen Kesehatan. Jakarta.

Depkes RI. 2010. Profil Kesehatan Indonesia. Jakarta:Depkes RI.

Djatmika, F. N. 2021. Perbandingan Asupan Zat Besi danSeng pada Remaja PUTERI Suspek Anemia Defisiensi Besi di Sekolah Menengah Atas Negeri dan Swasta. Skripsi: Universitas Sebelas Maret.

Evawany Aritonang and Albiner Siagian.2017. Relation Between Food Consumption and Anemia in Children in Primary School in a Final Disposal Weste Area. Pakistan Journal of Nutrition,

Fitriani, M. 2014. Gizi dan Anemia Pada Remaja Putri. Jakarta:EGC.

Maita L., Saputri Eka M., Husanah Een.2019. Gizi Kesehatan Masa Reproduksi.Yogyakarta :Deepublish

MB, Arisman, 2015. Gizi Dalam Daur Kehidupan. Edisi 2. Penerbit Buku Kedokteran EGC. Jakarta

Notoatmodjo, S. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.54444/jik.v13i2.123

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Dela Melia Inggriani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

image hostimage host image host  image host image host

image host image host image host image host image host 


Jurnal Ilmu Kebidanan (JIK) 
Published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM), Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Adila Bandar Lampung

p-ISSN: 2088-9011 | e-ISSN: 2721-0839

Secretariat Office:
STIKES ADILA
Mail  : Jl. Soekarno Hatta No 110, Rajabasa, Kota Bandar Lampung
Telp  : 082182486199
email: jurnalilmuk@gmail.com