PERBANDINGAN PENGETAHUAN SISWI KELAS X DAN XII TENTANG KEPUTIHAN DI MAN 1 KECAMATAN KEDONDONG KABUPATEN PESAWARAN

Putri Hilwati Muri, Iin Wahyuni

Abstract


Keputihan merupakan masalah kedua setelah gangguan menstruasi, keputihan bisa menjadi indikasi penyakit. Pengetahuan remaja putri tentang keputihan kurang dihargai dan keputihan sering tidak dianggap serius oleh remaja putri. Hampir semua wanita memiliki keputihan.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbandingan pengetahuan siswa kelas X dan XII tentang keputihan di MAN 1 Kedondong .
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Data primer diperoleh dari siswa kelas X dan XII MAN 1 Kedondong.
Hasil penelitian ini diketahui bahwa dari 38 siswi yang memiliki pengetahuan secara keseluruhan dalam kategori baik paling banyak berasal dari kelas XII sebanyak 63,2% sedangkan dari 56 siswi yang pengetahuannya cukup, paling banyak berasal dari kelas X sebanyak 57,1% dan dari 6 siswi yang pengetahuannya kurang, paling banyak berasal dari kelas X sebanyak 66,7%.
Kesimpulan dari penelitian ini bahwa siswi kelas XII memiliki pengetahuan yang lebih baik tentang keputihan dibandingkan siswi kelas X.

Keywords


Keputihan, Pengetahuan, Perbandingan, Siswa



DOI: https://doi.org/10.54444/jik.v11i2.64

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmu Kebidanan



Indexed by:

image hostimage host image host  image host image host

image host image host image host image host image host 


Jurnal Ilmu Kebidanan (JIK) 
Published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM), Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Adila Bandar Lampung

p-ISSN: 2088-9011 | e-ISSN: 2721-0839

Secretariat Office:
STIKES ADILA
Mail  : Jl. Soekarno Hatta No 110, Rajabasa, Kota Bandar Lampung
Telp  : 082182486199
email: jurnalilmuk@gmail.com